Search
Close this search box.
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

RPP NextGen Teacher Academy: Kelas Teknologi Pendidikan

RPP NextGen Teacher Academy:
Kelas Teknologi Pendidikan

Mata Pelajaran: Teknologi Pendidikan

Materi: Pemanfaatan Artificial Intelligence, khususnya ChatGPT, untuk Guru

Mentor: Lenang Manggala

Peserta Didik: Guru dan Dosen

Waktu: 2x Pertemuan (120×2)

  • Kompetensi Inti: Memahami konsep dan penerapan teknologi dalam pendidikan, seperti penggunaan ChatGPT, untuk memudahkan dan mengoptimalkan proses kerja pendidik

    Kompetensi Dasar: Mengidentifikasi dan menerapkan teknologi AI seperti ChatGPT untuk mendukung tugas, tanggung jawab dan tujuan pendidik

  • Peserta dapat menjelaskan dengan jelas konsep dasar kecerdasan buatan (AI) ChatGPT, termasuk cara kerjanya dan penggunaan serta pemanfaatannya dalam konteks pendidikan
  • Peserta dapat mengidentifikasi fitur dan manfaat ChatGPT dalam konteks pendidikan dalam berbagai kondisi
  • Peserta dapat menerapkan ChatGPT untuk mendukung tugas, tanggung jawab dan tujuan mereka sebagai pendidik
  • Peserta dapat memahami dan menerapkan prinsip-prinsip etika dalam penggunaan ChatGPT dalam pembelajaran
  • Memahami konsep dasar AI dan penerapannya dalam pendidikan
  • Mengidentifikasi fitur dan manfaat ChatGPT bagi para pendidik
  • Menerapkan ChatGPT dalam konteks pendidikan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses belajar-mengajar
  • Memahami dan menerapkan prinsip-prinsip etika dalam penggunaan ChatGPT dalam pembelajaran
  • Pemanfaatan Artificial Intelligence untuk memudahkan dan mengoptimalkan proses kerja pendidik
  • 7 tips untuk meningkatkan kinerja ChatGPT
  • Flipped Classroom
  • Ceramah Interaktif dan Diskusi
  • Problem Based Learning
  • Demonstrasi dan Praktik
  • Project Based Learning
  • E-Book Perkembangan Teknologi
  • Penugasan ‘Masalah Saya Sebagai Pendidik’
  • Presentasi PowerPoint Materi Utama
  • Laptop/HP, Jaringan Internet, Akun Gmail
  • Materi dan Tugas Project-Based Learning
  • Formulir Survey, Tugas, dan Evaluasi
  • Hadiah Apresiasi untuk Peserta Aktif 
  • Grup WhatsApp untuk Konsultasi

Pertemuan 1

Pra Pembelajaran

  1. Peserta mempelajari ringkasan perkembangan teknologi yang diberikan Mentor
  2. Peserta mengisi formulir ‘Masalah Saya Sebagai Pendidik’

Pendahuluan

  1. Mentor menyapa seluruh peserta dan membangun interaksi
  2. Mentor bercerita tentang pentingnya adopsi teknologi untuk meningkatkan kualitas pendidikan, dalam konteks guru dan pembelajaran di kelas

Pembelajaran Inti

  1. Mentor menunjukkan pengalaman memanfaatkan ChatGPT
  2. Mentor melemparkan pertanyaan kepada peserta, apa saja masalah yang para peserta hadapi sebagai seorang pendidik
  3. Mentor menunjukkan contoh penyelesaian masalah menggunakan ChatGPT
  4. Mentor menjelaskan kemampuan, manfaat dan etika penggunaan ChatGPT
  5. Mentor dan Pendamping menunjukkan cara mendaftar ChatGPT yang kemudian diikuti oleh para peserta
  6. Mentor dan Pendamping menunjukkan cara membuat prompt di ChatGPT yang kemudian diikuti oleh para peserta
  7. Peserta melakukan praktik, mengirim hasil jawaban di grup, sekaligus tanya jawab langsung dengan mentor

Penutup

  1. Mentor kembali memberikan penekanan tentang manfaat dan etika penggunaan ChatGPT
  2. Mentor dan moderator memberikan tugas atau proyek Memecahkan Masalah Secara Santai dengan Teknologi AI
  3. Moderator menutup kelas dan menyampaikan informasi yang dibutuhkan

Pasca Pembelajaran

  1. Peserta mengerjakan proyek yang telah diberikan (worksheet disediakan oleh mentor)
  2. Peserta dapat berkonsultasi dengan pendamping dan mentor
  3. Pendamping memilih 5 proyek yang ditugaskan untuk presentasi (mendapat hadiah) dan 3 proyek terbaik.

Pertemuan 2

Pra Pembelajaran

  1. Mentor mempelajari 5 proyek pilihan
  2. Mentor mengirimkan 3 (teks/video) sumber belajar tambahan
  3. Pendamping memastikan semua peserta telah mengumpulkan proyek

Pendahuluan

  1. Mentor menyapa seluruh peserta dan membangun interaksi
  2. Mentor mengapresiasi seluruh peserta yang telah mengerjakan tugas, dan sedikit membahas tentang proyek unik

Pembelajaran Inti

  1. 5 peserta mempresentasikan tugasnya
  2. Mentor memberikan feedback pada kelima peserta
  3. Mentor memberikan tips cara menulis prompt yang efektif
  4. Mentor menawarkan Kelas Eksklusif tambahan
  5. Mentor mengajak peserta untuk merenungkan perihal pentingnya menjadi pendidik yang melek teknologi dan menjadi pendidik yang berorientasi pada solusi

Penutup

Pasca Pembelajaran

Masing-masing peserta menghasilkan 1 produk solusi yang dalam pembuatannya memanfaatkan ChatGPT. Produk solusi tersebut juga harus diposting di media sosial peserta. Berikut ini kategori produk solusinya:

  • Karya Fiksi atau Nonfiksi
  • Konten Media Sosial Edukatif
  • Materi Pendukung Pembelajaran
  • Rencana Proses Pembelajaran
  • Rencana Penyelesaian Masalah

RPP NextGen Teacher Academy: Kelas Literasi Digital

RPP NextGen Teacher Academy:
Kelas Literasi Digital

Mata Pelajaran: Literasi Digital

Materi: Membuat Konten Edukatif di Media Sosial

Mentor: Rizqy Rahmat Hani

Peserta Didik: Guru dan Dosen

Waktu: 2x Pertemuan (120×2)

Kompetensi Inti: Memahami dasar dan konsep merancang konten edukatif yang menarik dan informatif di media sosial

Kompetensi Dasar: Mengidentifikasi dan menerapkan proses merancang konten edukatif yang menarik, informatif, dan relevan di media sosial

  • Peserta mampu menciptakan konten edukatif yang berkualitas tinggi, termasuk konten yang informatif, menarik, dan relevan untuk target audiens di media sosial
  • Peserta mampu menggunakan alat dan platform media sosial dengan mahir
  • Peserta mampu membuat, mengedit, dan mengelola konten di media sosial
  • Peserta dapat memahami bagaimana algoritma platform media sosial yang digunakan
  • Mengidentifikasi penggunaan alat dan berbagi platform media sosial
  • Memahami langkah untuk membuat, mengedit, dan mengelola konten di media sosial, termasuk penggunaan software editing untuk mendukungnya
  • Memahami algoritma platform di media sosial
  • Menerapkan proses menciptakan konten edukatif di media sosial
  • Proses dan Tips Efektif Membuat Konten Edukatif di Media Sosial
  • Tips Membuat Hook Menarik untuk Konten Media Sosial
  • Tips Editing Konten Media Sosial
  • Flipped Classroom
  • Ceramah Interaktif dan Diskusi
  • Problem Based Learning
  • Demonstrasi dan Praktik
  • Project Based Learning
  • Presentasi PowerPoint Materi Utama
  • Laptop/HP, Jaringan Internet, Akun Gmail
  • Materi dan Tugas Project-Based Learning
  • Formulir Survey, Tugas, dan Evaluasi
  • Hadiah Apresiasi untuk Peserta Aktif 
  • Grup WhatsApp untuk Konsultasi

Pertemuan 1

 

Pra Pembelajaran

  1. Peserta mempelajari berbagai konten edukatif di media sosial

Pendahuluan

  1. Mentor menyapa seluruh peserta dan membangun interaksi
  2. Mentor bercerita tentang pentingnya seorang pendidik juga harus berkarya di media sosial untuk menyebarkan praktik baik di bidang pendidikan

Pembelajaran Inti

  1. Mentor menunjukkan pentingnya seorang guru menjadi konten kreator pendidikan
  2. Mentor mengajak peserta untuk mengenal karakteristik sosial media
  3. Mentor menjelaskan kemampuan, manfaat dan etika penggunaan ChatGPT
  4. Mentor menunjukkan cara menentukan audiens dan konten yang sesuai kebutuhan
  5. Mentor menunjukkan cara merancang hook dan naskah untuk konten di media sosial yang kemudian diikuti oleh para peserta
  6. Peserta melakukan praktik, mengirim hasil jawaban di grup, sekaligus tanya jawab langsung dengan mentor

Penutup

  1. Mentor kembali memberikan penekanan tentang pentingnya seorang guru menjadi konten kreator di bidang pendidikan
  2. Mentor dan moderator memberikan tugas atau proyek Merancang Naskah Pendek untuk Konten di Media Sosial
  3. Moderator menutup kelas dan menyampaikan informasi yang dibutuhkan

Pasca Pembelajaran

  1. Peserta mengerjakan proyek yang telah diberikan (worksheet disediakan oleh mentor)
  2. Peserta dapat berkonsultasi dengan pendamping dan mentor
  3. Pendamping memilih 5 proyek yang ditugaskan untuk presentasi (mendapat hadiah) dan 3 proyek terbaik.

 

Pertemuan 2

Pra Pembelajaran

  1. Mentor mempelajari 5 proyek pilihan
  2. Mentor mengirimkan 3 (teks/video) sumber belajar tambahan
  3. Pendamping memastikan semua peserta telah mengumpulkan proyek

Pendahuluan

  1. Mentor menyapa seluruh peserta dan membangun interaksi
  2. Mentor mengapresiasi seluruh peserta yang telah mengerjakan tugas, dan sedikit membahas tentang proyek unik

Pembelajaran Inti

  1. 5 peserta mempresentasikan tugasnya
  2. Mentor memberikan feedback pada kelima peserta
  3. Mentor memberikan tips cara melakukan editing untuk konten
  4. Mentor menawarkan Kelas Eksklusif tambahan
  5. Mentor mengajak peserta untuk merenungkan perihal pentingnya memanfaatkan era literasi digital ini untuk membuat konten edukatif yang menarik dan informatif.

Penutup

Pasca Pembelajaran

Masing-masing peserta menghasilkan 1 rancangan naskah konten video dan konten yang telah terposting di media sosial. Produk solusi tersebut juga harus diposting di media sosial peserta. Berikut ini kategori produk solusinya:

  • Karya Fiksi atau Nonfiksi
  • Konten Media Sosial Edukatif
  • Materi Pendukung Pembelajaran
  • Rencana Proses Pembelajaran
  • Rencana Penyelesaian Masalah

RPP NextGen Teacher Academy: Kelas Inovasi Pembelajaran

RPP NextGen Teacher Academy:
Kelas Inovasi Pembelajaran

Mata Pelajaran: Inovasi Pembelajaran

Materi: Merancang Aktivitas Pembelajaran Kekinian untuk Siswa Gen Z

Mentor: Sari Ayu Mahgdalena

Peserta Didik: Guru dan Dosen

Waktu: 2x Pertemuan (120×2)

Kompetensi Inti: Memiliki pemahaman tentang karakter Gen Z dan tata cara menyusun aktivitas pembelajaran untuk siswa Gen Z

Kompetensi Dasar: Mengenal karakter Gen Z dan memahami cara menyusun aktivitas pembelajaran untuk siswa Gen Z

  • Peserta mampu memahami karakter Gen Z sebagai dasar merancang aktivitas pembelajaran
  • Peserta mampu menyusun perencanaan aktivitas pembelajaran untuk siswa Gen Z
  • Peserta dapat menerapkan rancangan aktivitas pembelajaran yang telah dipelajari dalam bentuk konsep presentasi menarik
  • Memahami karakter Gen Z sebagai dasar merancang aktivitas pembelajaran yang cocok
  • Memahami cara menyusun perencanaan aktivitas pembelajaran untuk siswa Gen Z
  • Menerapkan rancangan aktivitas pembelajaran
  • Langkah tepat menyusun aktivitas pembelajaran yang cocok untuk siswa kekinian
  • Tips menerapkan rancangan aktivitas pembelajaran kekinian di kelas
  • Flipped Classroom
  • Ceramah Interaktif dan Diskusi
  • Problem Based Learning
  • Demonstrasi dan Praktik
  • Project Based Learning
  • Materi Pengantar
  • Template Presentasi Rancangan Aktivitas Pembelajaran Kekinian
  • Presentasi PowerPoint Materi Utama
  • Laptop/HP, Jaringan Internet, Akun Gmail
  • Materi dan Tugas Project-Based Learning
  • Formulir Survey, Tugas, dan Evaluasi
  • Hadiah Apresiasi untuk Peserta Aktif 
  • Grup WhatsApp untuk Konsultasi

Pertemuan 1

 

Pra Pembelajaran

  1. Peserta mempelajari ringkasan materi inovasi pembelajaran untuk memahami bagaimana menciptakan aktivitas pembelajaran kekinian

Pendahuluan

  1. Mentor menyapa seluruh peserta dan membangun interaksi
  2. Mentor bercerita tentang cara memahami karakter Gen Z sebagai dasar untuk merancang aktivitas pembelajaran ala Gen Z

Pembelajaran Inti

  1. Mentor menunjukkan cara menyusun aktivitas pembelajaran untuk siswa kekinian (Siswa Gen Z)
  2. Mentor menunjukkan pengalaman saat merancang aktivitas pembelajaran kekinian
  3. Mentor menunjukkan cara menyusun aktivitas pembelajaran dengan memanfaatkan AI/Software Komputer/Aplikasi di ponsel
  4. Mentor dan Pendamping cara mudah membuat aktivitas pembelajaran menggunakan AI
  5. Peserta melakukan praktik, mengirim hasil jawaban di grup, sekaligus tanya jawab langsung dengan mentor

Penutup

  1. Mentor kembali memberikan penekanan tentang cara memahami karakter Gen Z dan manfaat menggunakan aktivitas pembelajaran kekinian untuk diterapkan di kelas
  2. Mentor dan moderator memberikan tugas atau proyek membuat rancangan aktivitas pembelajaran kekinian
  3. Moderator menutup kelas dan menyampaikan informasi yang dibutuhkan

Pasca Pembelajaran

  1. Peserta mengerjakan proyek yang telah diberikan (worksheet disediakan oleh mentor)
  2. Peserta dapat berkonsultasi dengan pendamping dan mentor
  3. Pendamping memilih 5 proyek yang ditugaskan untuk presentasi (mendapat hadiah) dan 3 proyek terbaik.

 

Pertemuan 2

Pra Pembelajaran

  1. Mentor mempelajari 5 proyek pilihan
  2. Mentor mengirimkan 3 (teks/video) sumber belajar tambahan
  3. Pendamping memastikan semua peserta telah mengumpulkan proyek

Pendahuluan

  1. Mentor menyapa seluruh peserta dan membangun interaksi
  2. Mentor mengapresiasi seluruh peserta yang telah mengerjakan tugas, dan sedikit membahas tentang proyek unik

Pembelajaran Inti

  1. 5 peserta mempresentasikan tugasnya
  2. Mentor memberikan feedback pada kelima peserta
  3. Mentor memberikan tips menerapkan rancangan aktivitas pembelajaran terbaik bagi siswa Gen Z
  4. Mentor menawarkan Kelas Eksklusif tambahan
  5. Mentor mengajak peserta untuk merenungkan perihal pentingnya pendidik yang selalu berinovasi dalam pembelajaran yang berorientasi pada solusi

Penutup

Pasca Pembelajaran

Masing-masing peserta menghasilkan 1 rancangan aktivitas pembelajaran kekinian. Rancangan tersebut juga harus diposting di media sosial peserta. Berikut ini kategori produk solusinya:

  • Karya Fiksi atau Nonfiksi
  • Konten Media Sosial Edukatif
  • Materi Pendukung Pembelajaran
  • Rencana Proses Pembelajaran
  • Rencana Penyelesaian Masalah